Tugas BAB I

Posted by Unknown

1. Sebutkan definisi Sistem , Informasi & Sistem Informasi "dari 3 sumber referensi


Definisi Sistem
Sistem adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama suatu organisasi. Infomasi adalah data yang telah diproses/diolah sehingga memiliki arti atau manfaat yang berguna. Sistem informasi adalah kumpulan informasi di dalam sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi.

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. (Jogiyanto,2005.1).
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. (Jogiyanto,2005:11)
Sistem informasi menurut Robert A. Leitch dan K. RoscoeDavis (Jogiyanto,2005:18) adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
http://www.ilmumanajemen.com/index.php?option=com_content&view=article&id=55:psi&catid=39:msi&Itemid=57
Sistem merupakan kumpulan dari sub-sub sistem, elemen-elemen, prosedur-prosedur yang saling berinteraksi, berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu seperti informasi, target, dan tujuan lainnya. sedangkan Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi pengguna dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan manfaatnya dalam keputusan-keputusan yang akan datang.
Definisi Informasi
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.   
Secara Etimologi, Kata informasi ini berasal dari kata bahasa Perancis kuno informacion (tahun 1387) mengambil istilah dari bahasa Latin yaitu informationem yang berarti “konsep, ide atau garis besar,”. Informasi ini merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas Aktifitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”,


Informasi atau dalam bahasa inggrisnya ialah Information ini berasal dari kata informacion bahasa perancis, kata tersebut diambil dari bahasa latin yaitu "Informationem" yang artinya itu ialah "konsep, ide, garis besar".
http://alamtekno.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-definsi-informasi.html
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.


Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli - Secara umum Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.
http://fisipuin.satugen.com/blog/Pengertian-Sistem-Informasi-Menurut-Para-Ahli-Definisi


Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian. Istilah tersebut menyir atkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.
http://www.ilmumanajemen.com/index.php?option=com_content&view=article&id=55:psi&catid=39:msi&Itemid=57

2.Sebutkan data - data apa saja yang digunakan serta informasi apa saja yang bisa dihasilkan dalam perancangan :
a. Sistem informasi akademik perguruan tinggi terdiri atas : data mahasiswa, data matakuliah, data nilai , keterangan. 

b.Sistem informasi pelayanan pasien pada sebuah rumah sakit : data pasien, tanggal masuk, tanggal keluar, data petugas, data dokter, data apotek, sistem pembayaran .

c.Sistem informasi penjualan produk secara online : data member, data produk, data pembelian, data pengiriman, data return.
3. Uraian lengkap komponen yang dibutuhkan dalam perancangan :
a. sistem informasi akademik pada perguruan tinggi : Perangkat keras (hardware)
Mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.
Perangkat lunak (software)
Sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
Prosedur
Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.
Orang
Semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem informasi.
Basis data (database)
Sekumpulan tabel, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
Jaringan komputer dan komunikasi data
Sistem penghubung yang memungkinkan sumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.
b. Sistem informasi pelayanan pasien pada rumah sakit : 
Untuk membentuk suatu sistem ada beberapa komponen yang harus dimiliki, antara lain:
1. Perangkat keras/ hardware adalah komponen fisik berupa peralatan input, proses dan output .
2. Perangkat lunak/ software adalah instruksi-instruksi yang membuat komputer sebagai perangkat keras melakukan pekerjaan tertentu.
3. SDM/ brainware adalah user atau pengoperasi sistem.
4. Data adalah fakta-fakta, perkiraan-perkiraan, pendapat-pendapat yang belum memiliki arti kegunaan.
5. Prosedur adalah instruksi-instruksi yang digunakan dalam mengoperasikan sistem.
c.Sistem informasi penjualan produk secara online :
1. Hardware
Merupakan bagian perangkat keras sistem informasi seperti computer, printer, dan jaringan computer.
2. Software
Merupakan bagian perangkat lunak sistem informasi.software dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu :
a. Sistem Operasi, seperti Program Microsoft Windows, Linux, Novel Netware, dan lain sebagainya.
b. Aplikasi, seperti Microsoft Office, Corel Draw, Photoshop, dan lain sebagainya.
c. Utilitas, seperti anti virus, Norton Utilities, disk defragment, dan lain sebagainya.
d. Bahasa Pemrograman, seperti Bahasa C++, Borland Delphi, Java, dan lain sebagainya.
3. Data
Merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi. Contohnya seperti, bukti-bukti transaksi, nota, kwitansi, dan lain sebagainnya.
4. Prosedur
Merupakan bagian yang merupakan dokumentasi prosedur atau proses-proses yang terjadi dalam sistem. Seperti buku panduan operational.
5. Manusia
Manusia adalah bagian paling utama dalam suatu sistem informasi.

0 komentar:

Posting Komentar